Jumat, 10 Februari 2012

Raksasa di Tata Surya




Tata surya atau sebuah sistem keplanetan dengan Sang surya (matahari) sebagia bintang induknya. Di daam sistem tersebut, matahari dikelilingi planet-planet yang menyertainya.

Planet-planet di tata surya itu sendiri terbagi ataas dua kelompok besar, yakni planet kebumian (Merkurius, Venus, Bumi, Mars) dan planet raksasa yang terdiri dari planet-planet gas seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus.

Di tata surya, massa Matahari mengisi 99,8 % keseluruhan massa sistem, sehingga massa total seluruh planet, asteroid dll hanya 0,2 %. Nah bisa dibayangkan betapa raksasanya si Matahari dibanding planet yang mengelilinginya.


Dari kedelapan planet yang mengelilingi Sang surya, Jupiter yang merupakan planet terbesar memiliki massa 2 kali lebih besar dari massa gabungan seluruh planet lainnya. Massa Jupiter lebih dari 300 kalimassa Bumi (massa Bumi 5,9 x 1.024 kg). Dari gambaran tersebut bisa dikatakan Tatasurya itu terdiri dari Matahari, Jupiter dan serpihan-serpihan batuan dan gas.

Serpihan terbesar di antara planet-planet tersebut adalah Saturnus dengan massa hampir 10 massa bumi. Sama seperti Jupiter, Saturnus juga merupakan planet gas yang tersusun oleh Hidrogen dan Helium. Kedua planet memiliki inti elemen berat dengan massa lebih dari 10 kali massa Bumi.

Planet gas raksasa lainnya adalah Neptunus dan Uranus yang memiliki massa sekitar 1/6 massa Saturnus. Walau tergolong planet raksasa, kedua planet ini memiliki komposisi yang yang sedikit berbeda dari Jupiter dan Saturnus. Kalau Jupiter dan Saturnus didominasi oleh Hidrogen dan Helium, Uranus dan Neptunus justru didominasi oleh air, amonia, metana dan batuan, silikat dan logam yang terkondensasi pada suhu tinggi, dan dilapisi di bagian atas atmosfeyang didominasi oleh H-He sekitar (1-4 massa bumi).

Keempat planet besar tersebut dikenal juga sebagai planet raksasa dengan Jupiter dan Saturnus sebagai planet Gas raksasa, dan Uranus Neptunus sebagai planet es raksasa. Radius Jupitter dan Saturnus yang berada pada jarak 5 SA dan 10 SA adalah -70.000 km dan 60.000 km sementara Uranus dan Neptunus hanya sekita 25.000 km.

Meskipun disebut planet es raksasa, es di Uranus dan Neptunus yang berada pada jarak 20 SA dan 30 SA sebenarnya dalam kondisi cair dan tidak padat.

Planet-planet raksasa ini terb=nyata tak sendirian saat mengembara mengelilingi matahari. Mereka disertai oleh satelit-satelitdalam jumlah yang cukup banyak. Jupiter saat ini diketahui memiliki 63 satelit. Di Saturnus terdapat 61 satelit. Satelit di Uranus saat ini ada 27 buah. Sedangkan Neptunus memiliki 13 satelit.

Sumber : http://langitselatan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar