Sabtu, 25 Februari 2012

KK MA-ITB : Matematika Industri dan Keuangan


Pengenalan Kelompok Keahlian MATEMATIKA ITB

“Matematika di Antara Kita”

Matematika Industri dan Keuangan

Matematika keuangan adalah bagian dari matematika terapan yang berkaitan dengan pasar keuangan. Judul ini memiliki hubungan erat dengan disiplin ekonomi keuangan, yang sangat menitik beratkan dengan disiplin ekonomi keuangan, yang sangat menitikberatkan dengan teori. Pada umumnya, matematika keuangan diperoleh dari, dan memperluas, model matematika ekonomi dan keuangan. Misalnya, seorang ahli ekonomi keuangan mungkin mengkaji sebab harga saham suatu perusahaan, seorang ahli matematika keuangan pula mungkin mengambil harga saham seperti yang diberikan, dan mencoba menggunakan kalkulus stokastik untuk mendapatkan nilai wajar akuisisi pada saham.


Dalam segi praktek, matematika keuangan bertumpuk dengan bidang keuangan perhitungan (juga dikenal sebagai rekayasa keuangan). Meskipun ini bisa dikatakan sama, kejuteraan keuangan terkonsentrasi pada aplikasi, sementara matematika keuangan terkonsentrasi pada model dan pengadaan.

Matematika Industri dan Keuangan ITB

Kelompok Keilmuan/Keahlian Matematika Industri dan Keuangan (KK-MIK) berkecimpung pada masalah nyata yang berkaitan dengan industri dan keuangan melalui pemodelan matematika dan simulasi. Program yang dilakukan oleh KK-MIK terbagi dalam 3 bagian yaitu program untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Dalam program pendidikan, KK-MIK mengembangkan beberapa mata kuliah Matematika Terapan untuk melayani baik Program Studi Matematika ITB maupun Program Studi lainnya. Pengembangan ini menyangkut isi perkuliahan dan proses pembelajaran. Isi perkuliahan senantiasa diperbaharui melalui hasil penelitian terbaru yang dilakukan maupun dari referensi.

Dalam melaksanakan program penelitian, komunitas KK telah sepakat untuk mengembangkan 4 bidang penelitian yaitu :
·         Optimasi dan kontrol
·         Dinamika fluida
·         Dinamika populasi
·         Matematika keuangan

Untuk program pengabdian pada masyarakat, KK-MIK mengadaan magang perkuliahan, magang penelitian, pelatihan, seminar, konferensi, dan workshop yang ditujukan bagi Matematikawan dan pengguna Matematika baik dari bidang ilmu lain maupun dari perusahaan.

1 komentar:

  1. boleh tahu , peran anak matematika dibidang keuangan itu apa saja ? bisa dijelaskan lagi lebih detail. karena saat ini saya belum terlalu paham, mungkin dosennya mengajarnya terlalu tinggi tingkattannya seperti itu. terma kasih sebelumnya

    BalasHapus