Sabtu, 25 Februari 2012

KK MA-ITB : Analisis dan Geometri


Pengenalan Kelompok Keahlian MATEMATIKA ITB

“Matematika di Antara Kita”

Analisis dan Geometri

Cerita filosof tentang Geometri
“tidak boleh masuk sekolah kecuali yang menguasai geometri !”. begitu kira-kira ungkapan guru senior Plato. Begitu pentingnya geometri sampai-sampai Plato menjadikannya sebagai syarat untuk belajar segala sesuatu. Plato adlah filosof besar sebelum masehi. Ia adalah murid terhebat dari socrates dan memiliki murid terhebat Aristoteles. Kubus milenium adalah mainan matematika geometri yang sangat asyik. Al, Geo, Meti bebas berimajinasi dengan memainkan kubus milenium. Paling mendasar, kubus milenium, memperkenalkan konsep luas dengan permainan. Selanjutnya memperkuat konsep volume. Tentu juga Al, Geo, Meti menjadi mudah mengenal konsep keliling, panjang rusuk, luas selimut, dan lain-lain.


Sebagaimana namanya, kubus milenium, membantu anak-anak kita mempelajari konsep geometri bidang datar.

Bagaimana dengan bidang lengkung?
Bagaimana dengan lingkaran?
Bagaimana dengan silinder?
Bagaimana dengan kerucut?
Bagaimana dengan bola?
Bagaimana dengan bidang-bidang lengkung lainnya?

Dari pertanyaan-pertanyaan sederhana itulah timbul adanya cabang ilmu analisis dan geometri. Dan perlu diketahui ahli ekonomi atau akuntan apabila melanjutkan studi S3 mereka akan mempelajari hal-hal tersebut dan Matematika sudah mempelajari semenjak menempuh jenjang S1.

Analisis Geometri di ITB

Kelompok Keilmuan/Keahlian Analisis dan Geometri aktif dalam penelitian dan pengembangan dalam bidang Aljabar Operator, Analisis Fungsional, Analisis Fourier, Persamaan Diferensial, Persamaan Integral, Sistem Dinamik, dan Teori Model; dari aspek teori hingga aplikasinya. Aspek-aspek yang ditekuni saat ini diantaranya adalah struktur operator dan to[ologinya, geometri di ruang norm, interpolasi trigonometri, keterbatasan operator dari ruang fungsi ke ruang fungsi lainnya, wavelet dan penggunaannya, regulitas solusi persamaan diferensial, aproksimasi solusi [ersamaan integral, penggunaan persamaan integral untuk masalah inversi, geometri ruang fase, kestabilan sistem, dan teori model tanpa tanda kesamaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar