Sabtu, 25 Februari 2012

KK MA-ITB : KOMBINATORIKA


Pengenalan Kelompok Keahlian MATEMATIKA ITB

“Matematika di Antara Kita”

KOMBINATORIKA

Mungkin kita pernah mendapati permasalahan seperti berikut : menyusun sebuah tim sepak bola atau bola basket yang anggotanya adalah teman-teman sekelas kita. Biasanya tim tersebut akan digunakan sebagai wakil kelas dalam suatu event. Seperti telah kita ketahui, sebuah tim sepakbola hanya terdiri dari 11 orang dan bila ditambah pemain cadangan, kira-kira akan berjumlah sekitar 15 orang. Padahal di dalam kelas biasanya terdiri dari 40 anak atau lebih. Karena itu, kita perlu melakukan seleksi untuk memilih 15 orang yang bertanding dari 40 anak yang tersedia.


Persoalan-persoalan susunan seperti diatas itulah yang menjadi dasar sebuah konsep dalam matematika yang dinamakan kombinatorik. Definisi dari kombinatorik adalah sebuah “art of counting” yang akan membantu kita untuk mencacah objek-objek yang berada di dalam suatu himpunan secara cepat dengan menggunakan teknik-teknik tertentu. Kalau kita lihat soal diatas, tampaknya kita tidak akan menemukan kesulitan yang berarti untuk menyusun alternatif-alternatif susunan tim yang berjumlah 15 anak dari 40 yang tersedia. Tetapi bila jumlah anak yang dipilih ada ratusan ribu, mungkin kita akan mengalami kesulitan untuk menyusunnya. Dengan metode kombinatoris, hal tersebut akan dapat dilakukan.

Pada awalnya, persoalan kombinatoris ini diduga berasal dari bidang matematika yang banyak berhubungan dengan permainan atau soal-soal hiburan. Akan tetapi, kini para ilmuwan terkadang menemukan masalah-masalah dimana dibutuhkan metode kombinatorik untuk menyelesaikannya. Sebagai contohnya adalah seumpama seorang ahli fisika ingin mengetahui berapa banyak electron yang dapat menempati suatu tingkat energi tertentu, mereka memerlukan metode kombinatorik untuk menemukan jawabannya.

Matematika Kombinatorika di ITB

Dalam rangka meewujudkan visi untuk memimpin perkembangan matematika kombinatorika di Indonesia dan berkontribusi aktif di tataran internasional, Kelompok Keilmuan/Keahlian Matematika Kombinatorika secara konsisten dan terus menerus melaksanakan berbagai kegiatan penelitian. Kegiatan ini bermuara dalam tema besar tentang optimisasi dalam kombinatorika dan aplikasinya. Tema penelitian ini terdiri dari topik-topik dalam problem eksternal, graf random untuk keberadaan subgraf besar, pewarnaan graf, barisan pemotong dalam teori bilangan, desain kombinatorik, dan aplikasinya dalam permasalahan nyata. Untuk mendukung kegiatan penelitian ini, kelompok ini menyelenggarakan beberapa konferensi internasional dalam bidang teori graf dan bidang yang berkaitan. Kelompok keahlian ini juga mendapatkan menfaat kerjasamanya dengan University of Ballarat Australia, Tokal University Jepang, GC University Pakistan, dan Technical University of Kosice, Slovakia. Keanggotaan dari Kelompok Keilmuan/Keahlian ini terdiri dari sembilan staf akademik ( Edy Tri Baskoro (ketua), Saladin Uttunggadewa, Nana Nawawi Gaos, Hilda Assiyatun, Rinovia Simanjuntak, M. Salman, R.A.D. Kooswinarsinindyah, Warsoma Djohan, Djoko Supriyanto) dan tujuh mahasiswa doktoral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar