Sabtu, 07 Januari 2012

Masalah Klasik


Tiba-tiba handphone berdering,
“Assalamu’alaikum, Halo”
“Wa’alaikumussalam, iya, ngapain lu nelfon jam segini ?”
“maaf mi ngganggu, pusing nih tugas ga kelar-kelar, paraah. Bisa bantuin gue ngga ?”
“ha? Jam segini? Gimana caranya coba ?”
“tenang, gue jemput sekarang, oke. g ue berangkat dulu ya, Wassalamu’alaikum”
“Eh Eh. . Wa’alaikumussalam . . ta . . tapi “
Tut.. tut.. tut.. panggilan dimatikan.

Settingnya udah jam 7 malam dan kisahnya, Mai yang belum beres ngerjain tugas Fisika yang dikasih dosen.Ddia kebingungan, gatau cara nyelesein tugasnya. Solusi yang diambil Mai ternyata menghubungi Mia, teman dekatnya.
“Tok.. Tok..  Assalamu’alaikum”, Mai datang dengan kaos oblong dan celana jeans, tergesa-gesa datang ke kosannya Mia
“Iya, Wa’alaikumussalam, bentar ma” , jawab Mia.
“aduh, tolong gue mi, please, tugasnya dikumpulin besok nih , gue ga bisa jawab ni soal, bantu gue ya”
Sekadar info, Mia termasuk gadis pandai di Kampus, tak jarang dia jadi dosen bagi teman-temannya.
“Maaf ma, tapi gue lagi ada urusan” pinta Mia.
“Please bantu gue mi, emang ada urusan apa sih?”
“ini, si dio. Gue ada masalah sama dia”
Si Dio, gebetannya Mia. Udah 3 bulan ini mereka jadian. Tapi karena hubungan mereka LDR, mereka jadi sering ada masalah.
“oke, lu bantu gue ngerjain tugas fisika ini, gue bantu lu nyelesein masalah kalian berdua, gimana ?”
“emm, yaudah, kalo gitu gue bawa baju ganti dulu, kan sekalian nginep kosan lu”, kata Mia.
“Sip, makasih lho mi ! “
Sesampainya di kosannya Mai,
“oke, nih ada 4 soal lagi yang belum bisa gue kerjain. Coba lu baca dulu deh, gue agak ga paham itu”
Setelah beberapa saat,
“ oh, ini tuh yang pake prinsip bernoulli, ntar kita tinggal nyari pressure nya”
“eh ma, katanya mau bantuin nyelesein masalah gue sama si Dio?”
“oh iya, kalau gue bisa bantu, gue akan bantu kok tenang aja, ada apa emang ?”
“ini nih ma, semenjak kita LDR an, kita tuh seriing banget ada masalah . inilah, itulah, pokoknya bikin kuliah gue agak ga fokus”
“emang dulu gimana waktu lu sama Dio jadian ?”
“gini, waktu belum sama-sama pisah kuliah masing-masing, hampir ga ada masalah yang berarti buat gue. Semuanya tuh rasanya indah banget. Hampir 24 jam tuh hp ga pernah gue tinggalin, inbox isinya Cuma dia doang, Full. Tiap ketemuan, rasanya Cuma ketawa, seneng sama dia, pokoknya indaah banget. Tapi semenjak dia keterima di PTN Jakarta dan gue di Surakarta, hubungan gue sama dia udah ga harmonis lagi.”
“nah, terus kenapa bisa jadi berubah drastis kayak gitu mi?”
“gini, gue kan masih awam nih masalah Surakarta, terus gue masih harus adaptasi sama kos gue, belum lagi sama Kampusnya. Kadang gue Whatever lah sama dia. Dianya sehari-hari kontak gue terus, nanyain kabar, blablabla, dan suasana tersebut cenderung ngganggu aktivitas baru gue ini. Sebab itu, gue kadang ga perhatian sama dia, tapi itu gue lakuin supaya gue bisa fokus dulu sama suasana baru gue ini. Gue kan juga butuh temen baru di Kampus, buat temen ngobrol lah, tau sendiri kan gue ga ada temen dari SMA yang se jurusan sama gue. Kadang kalau gue lagi istirahat, ga ngapa-ngapain, gue nyempetin waktu buat dia. Gue juga cerita-cerita tentang suasana baru gue ini. Yang jadi masalah, dia tuh ngira kalau gue lagi deket sama salah satu temen gue di kampus, itu si Edo.”
“terus?”
“ya itu, dia ngira aku suka dia, terus gara-gara itu, aku dikira jadi kurang perhatian sama dia. Padahal kan aku Cuma cari temen kampus dan aku kurang perhatian sama dia gara-gara aku belum mampu adaptasi sama suasana baru ini”
“Gini, gue udah tau nih masalahnya. Bentar, gue mau tanya dulu, apa lu pernah ngejelasin semua itu ke dia ?”
“emm, belum sih , tapi kan ... “
“nah, maka dari itu, lu harus jelasin dong baik-baik ke dia. Cari waktu senggang buat ngobrol intensif sama dia. Jangan sampai ada misunderstanding dari lu berdua. Gue sih mikirnya, lu sama si Dio itu harus punya sebuah komitmen buat hubungan kalian berdua deh, jadi sekuat mungkin terjangan di hubungan kalian, kalian ga akan mudah goyah. “
“oke ma, gue usahain “
“terus perlu sikap kedewasaan dari lu berdua. Jangan kayak anak kecil dong, masih pengen menang sendiri. Buang keegoisan kali\an, kembangin tuh kedewasaan. Kalian tuh perlu bijak, jangan Cuma menangin emosi. Sikapnya Si Dio ke lu emang kurang bener sih, tapi lu bisa nilai kalo dia tuh perhatian, sayang sama lu. Cuma cara nunjukin sayangnya dia tuh yang kurang bener. Nah dari lu nya sendiri, coba deh di sela kesibukan lu, lu bisa nyempetin waktu sama dia. Lu juga musti bilang ke dia semisal lu mau pergi, atau mau ada urusan atau kemanalah, yang penting jangan sampe lost contact, dengan begitu, si Dio ga mungkin punya fikiran negatif ke lu. Intinya, jaga baik-baik komitmen lu berdua buat hubungan, dan jaga komunikasi biar ga misunderstanding”
“Makasih banyak Ma udah nasihatin gue, insyaAllah gue bakal lakuin apa yang lu saranin. Dan gue juga berharap si Dio bisa ngerti keadaan gue saat ini.”
“Sip Mi ! gue dukung lu 100% . so, kalo lu punya masalah lagi, lu bisa kok ceritasama gue, barangkali gue bisa bantu lu “
“Makasiiiiiiihhhh Ma , lu emang sahabaat gue :D !! , eh tapi,maaf banget Ma... :o “
“ha? Maaf kenapa?”
“ini udah jam 12 malem dan soal nya masih ada 3 yang belum dikerjain :o “
“waaaaaaaaaaaaaaaaaaa :O !!!!!!!!!!!!!!!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar